Berolahraga dalam Kondisi Sibuk

Di Kesehatan Masyarakat 48 views

Kesibukan memang tidak bisa dilepaskan dari suatu realita yang terjadi sekarang. Apapun kesibukan Anda dan gaya hidup Anda selalu akan ada aktivitas fisik yang dapat Anda lakukan sebagai bentuk olahraga ringan. Anda dapat membuat olahraga yang terencana, insidental maupun keduanya. Selalu upayakan solusi untuk berolahraga sehingga tidak ada alasan untuk menjadi tidak aktif.

 

Manfaat Aktif Bergerak

Aktif bergerak memberikan banyak manfaat seperti meningkatkan kesehatan jangka panjang, mengurangi risiko serangan jantung, memberi Anda lebih banyak energi, membantu Anda mengontrol berat badan, menurunkan tekanan darah, membuat tulang dan otot lebih kuat, bersantai dan membuat Anda merasa puas, membantu Anda tidur lebih nyenyak, meningkatkan mood dan membantu memberi Anda pandangan positif tentang kehidupan, meningkatkan konsentrasi dan kewaspadaan Anda, membuat Anda lebih produktif di tempat kerja, mengurangi risiko kerusakan kognitif saat Anda bertambah tua, serta membuat lebih bahagia dan lebih sehat.

Menjadi lebih bahagia dan lebih sehat dapat menghemat waktu dan uang Anda dalam jangka panjang karena dapat mengurangi biaya medis dan misalnya izin kerja.

 

Menjaga Kesehatan Fisik dan Mental

Olahraga di Sela-Sela Kesibukan Harian

Mempertahankan kesehatan fisik dan mental Anda sangatlah penting ketika Anda memiliki gaya hidup yang sibuk karena memiliki jadwal yang padat dapat menyebabkan stres, kecemasan, dan depresi. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menciptakan gaya hidup yang lebih positif untuk diri sendiri, apa pun tanggung jawab yang Anda miliki.

Hal tersebut membutuhkan perencanaan dan sedikit kreativitas. Tujuannya adalah menemukan cara untuk relaks dan strategi untuk mengatur jadwal sehingga Anda tidak terlalu memaksakan diri atau bekerja yang memporsir tubuh Anda.

Sangat mudah untuk menempatkan olahraga ke bagian bawah dalam daftar hal-hal yang harus Anda kerjakan. Tetapi menjadi aktif adalah salah satu hal terpenting yang dapat Anda lakukan, setiap hari jika Anda bisa, untuk mendapatkan efek kesehatan yang baik.

Meskipun Anda mungkin tidak dapat mengurangi waktu untuk kebutuhan lain, Anda dapat mencoba untuk memasukkan aktivitas fisik singkat ke dalam kesibukan Anda. Sedikit tetapi tetap berarti.

Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk tetap dapat berolahraga dengan kondisi yang sibuk adalah pilih aktivitas yang menarik bagi Anda, lacak kemajuan Anda, pelajari satu atau dua latihan yang dapat Anda lakukan dengan cepat dan mudah selama berhari-hari saat Anda merasa sangat miskin waktu dan menyusun rencana latihan yang realistis untuk gaya hidup dan rutinitas Anda.

Ingat, sedikit olahraga lebih baik daripada tidak sama sekali, dan Anda dapat melakukannya dengan cepat dan mudah sesuai dengan waktu yang Anda miliki. Dengan menyediakan waktu untuk olahraga, Anda akan menyiapkan diri untuk kesehatan jangka panjang yang lebih baik.

 

Referensi:

  1. Physical activity – how to get acative when you are busy [Internet]. Betterhealth.vic.gov.au. 2018 [cited 8 December 2018]. Available from: https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/healthyliving/Physical-activity-how-to-get-active-when-you-are-busy
  2. How To Maintain Your Physical And Mental Health When You Have A Busy Lifestyle – Rise Up for Caregivers [Internet]. Riseupforcaregivers.org. 2018 [cited 8 December 2018]. Available from: https://riseupforcaregivers.org/how-to-maintain-your-physical-and-mental-health-when-you-have-a-busy-lifestyle/
Berolahraga dalam Kondisi Sibuk
4.9 (98%) 10 vote[s]
author
Penulis: 
    Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura
    Ketahui Perbedaan Demam Berdarah dan Malaria
    Ketahui Perbedaan Demam Berdarah dan Malaria
    Meski sama-sama disebabkan gigitan nyamuk, demam berdarah
    Pencernaan Anda Bermasalah? Inilah Pilihan Makanan yang Tepat untuk Melancarkan!
    Pencernaan Anda Bermasalah? Inilah Pilihan Makanan yang Tepat untuk Melancarkan!
    Membebaskan diri dengan mengonsumsi makanan sembarangan di
    Memiliki Payudara Kecil, Apakah Tetap Bisa Menyusui?
    Memiliki Payudara Kecil, Apakah Tetap Bisa Menyusui?
    Menyusui adalah sebuah anugerah terindah bagi seorang
    Puasa Bagi Ibu Menyusui, Apakah Aman?
    Puasa Bagi Ibu Menyusui, Apakah Aman?
    Bulan Ramadhan menjadi bulan di mana umat
    Baca Juga×

    Top