Bila Anak Suka Mencoret Dinding, Apa yang Harus Dilakukan?

Di Ibu dan Anak 3 views

Pasti pusing sekali ya ketika melihat dinding rumah penuh dengan coretan hasil karya si kecil? Kreativitas si kecil akan semakin nampak berkembang dan ekspresif ketika memasuki usia balita. Tak jarang pula ia luapkan kreatifitas tersebut pada benda-benda di sekitarnya. Seringkali kita sudah menyediakan media buku atau papan tulis sebagai sarana tuang kreatifitas, tetapi mengapa dinding rumah seringkali menjadi sasaran?

Permukaan dinding yang datar dan luas paling sering anak lihat sehingga memudahkan ia dalam mencorat-coret. Menurut penulis buku There’s Gotta be a Better Way, Beckey Bailey, PhD., anak kecil lebih suka mencoret di dinding karena posisi dinding lebih nyaman untuknya dibandingkan menggambar dalam posisi lain. Dengan posisi berdiri, koordinasi tangan dan matanya akan menjadi lebih baik sehingga si kecil merasa lebih nyaman. Lalu sebagai orang tua, apakah kita harus melarang atau membiarkan?

 

Manfaat Mengenal Seni di Usia Dini

Manfaat Mengenal Seni Sejak Usia Dini

Manfaat Mengenal Seni Sejak Usia Dini

Sebenarnya, Anda tidak perlu langsung melarang anak berhenti mecoret dinding di rumah. Emosi yang meluap akan berakibat menghambat bakat dan minat anak. Siapa tahu si kecil bisa menjadi pelukis kenamaan di masa depan? Lagipula, banyak sekali manfaat yang dapat diambil bila anak mengenal seni sejak usia dini.

Menurut Creativity Research Journal pada tahun 2006, anak yang sering bersentuhan dengan dunia seni cenderung mampu berpikir kritis dan bijaksana dalam menyelesaikan masalah. Kegiatan yang menyinggung dunia seni akan memacu otak menghasilkan endorfin dan dopamin yang berdampak membuat anak lebih bahagia. Selain itu, hormon kortisol juga diproduksi tubuh, sama seperti ketika kita makan cokelat yang berujung membuat perasaan bahagia. Dengan seni pula, otak kanan akan lebih aktif bekerja.

Selain membentuk anak lebih kreatif, kemampuan mengingat yang dimiliki juga akan meningkat. Anak akan tumbuh menjadi sosok yang percaya diri. Emosi juga akan cenderung stabil.

Tidak hanya meningkatkan kemampuan kognitif saja, kegiatan seni juga bisa menjadi media efektif untuk anak dalam membangun bonding positif dengan orang tua.

Melalui gambar dan tulisan, anak dapat berkomunikasi dengan orang tua. Anak juga akan mengungkapkan rasa yang belum bisa ia utarakan dengan kata-kata.

 

Trik Mengatasi Anak yang Suka Mencoret Dinding Rumah

Anak Suka Mencorat-Coret Dinding

Anak Suka Mencorat-Coret Dinding

Berikut adalah berbagai tips untuk menghadapi anak yang suka mencoret-coret dinding rumah:

  • Sediakan area khusus atau dinding khusus untuk dicorat-coret. Anda dapat membuat area ini pada ruang bermain atau kamar si kecil. Dengan memberi penegasan, Anda dapat menjelaskan pada si kecil untuk tidak mencoret dinding lain kecuali dinding yang ada pada ruang bermain atau kamarnya. Dengan aturan seperti itu, Anda tetap dapat memberikan keleluasaan kreativitas anak sekaligus mengajarkan arti disiplin kepada anak.
  • Buat jadwal khusus anak untuk mencoret-coret. Pada usia ini, anak mulai menyukai kegiatan yang terpola dalam bentuk jadwal rutin sehari-hari. Anda bisa membagi waktu si kecil dengan mengasah kemampuan lain seperti bernyanyi, olahraga, bermain puzzle, dan lain sebagainya. Pada jadwal khusus untuk mencoret-coret (menggambar), ajak anak untuk beralih pada kertas, crayon, dan alat tulis lainnya.
  • Bila anak terlanjur mencoret dinding, hindari memarahi atas apa yang ia perbuat. Ajari anak bertanggung jawab atas kesalahannya dengan mengajak ia membersihkan bagian tersebut. Ingatkan kembali bahwa si kecil sudah memiliki area khusus untuk menggambar. Beri apresiasi anak dengan cara memajang hasil karya yang ia buat di kertas.

 

Referensi:
Sternberg, R.J., 2006. The nature of creativity. Creativity research journal18(1), pp.87-98.

Bailey, B. and Bailey, R.A., 1997. There’s Gotta be a Better Way: Discipline that Works!. Loving Guidance.

Bila Anak Suka Mencoret Dinding, Apa yang Harus Dilakukan?
5 (100%) 10 vote[s]
author
Fakultas Kedokteran Universitas Jember
Memilih Foundation yang Tepat Untuk Kulit Wajah Anda
Memilih Foundation yang Tepat Untuk Kulit Wajah Anda
Ada beragam proses yang harus dilakukan saat
Cara Jaga Pakaian Bayi Agar Awet dan Tidak Mudah Rusak
Cara Jaga Pakaian Bayi Agar Awet dan Tidak Mudah Rusak
Baju bayi terbuat dari kain yang lembut
Si Kecil Terkena Diare? Rawatlah dengan Cara Ini Agar Lebih Cepat Sembuh!
Si Kecil Terkena Diare? Rawatlah dengan Cara Ini Agar Lebih Cepat Sembuh!
Bagian-bagian organ di dalam tubuh anak-anak memang
Kapan dan Bagaimana MPASI Sebaiknya Diberikan?
Kapan dan Bagaimana MPASI Sebaiknya Diberikan?
Sudah tahukan kalau sampai saat ini ASI
Baca Juga×

Top