Cara Jaga Pakaian Bayi Agar Awet dan Tidak Mudah Rusak

Baju bayi terbuat dari kain yang lembut dan didesain untuk tidak membuat kulit atau tubuh bayi jadi iritasi. Kulit mereka yang tergolong masih sangat sensitif membuatnya rentan mengalami iritasi. Kondisi ini terjadi tak hanya disebabkan oleh air, sabun mandi, dan produk perawatan kulit saja, melainkan juga karena pakaian yang dikenakannya. Oleh sebab itu, Anda perlu tahu bagaimana cara mencuci pakaian bayi yang baik.

Sekalipun masih kecil, bayi dapat beberapa kali berganti pakaian dalam satu hari. Itulah sebabnya mengapa perlu mempertimbangkan bahan, ukuran, dan kenyamanan saat membeli pakaian bayi.

Cara Menjaga Pakaian Bayi Tetap Aman
Cara Menjaga Pakaian Bayi Tetap Aman

Berikut adalah beberapa tips agar pakaian sang buah hati benar-benar aman, nyaman, dan tentunya menjaga kesehatannya.

  1. Gunakan air hangat untuk merendam baju bayi. Mengapa demikian? Anda dapat mencari jawabannya pada artikel di link berikut https://www.sleekbaby.co.id/1000-hari-perlindungan/detail/mengapa-air-hangat-disarankan-dalam-mencuci-pakaian-bayi).
  2. Cuci baju baru bayi sebelum dipakaikan. Setelah membeli pakaian baru, selalu cuci terlebih dahulu sebelum mengenakannya pada bayi. Anda tidak mengetahui dengan pasti proses yang terjadi mulai dari pembuatan, pengemasan, hingga pakaian tersebut sampai di tangan Anda. Mencuci terlebih dahulu dapat mengurangi kemungkinan adanya bahan atau iritan yang tertinggal. Inilah langkah awal yang tak boleh Anda remehkan.
  3. Cek label pakaian bayi untuk mengetahui metode pencucian yang tepat. Ini dilakukan untuk menghindari kerusakan pakaian bayi lebih awal dari seharusnya.
  4. Saat semua baju kotor bayi dikumpulkan, Anda juga harus memilah kembali berdasarkan tingkat kekotorannya. Baju yang sangat kotor bernoda harus dipisahkan dari baju kotor yang tidak bernoda. Tindakan ini guna mencegah noda baju yang kotor menempel pada baju yang lainnya. Saat pemisahan, jangan lupa untuk membalik bahan pakaiannya (sisi dalam jadi di luar) untuk mengamankan bagian kancing, pita, atau resleting supaya tidak cepat rusak.
  5. Setelah dicuci, bilas pakaian bayi sampai bersih. Jangan sampai ada residu deterjen yang masih tertinggal. Meskipun deterjen bayi tergolong aman, namun tetap saja anda perlu lebih hati-hati.

Selain perawatan ekstra untuk baju bayi, Anda juga pelu perawatan ekstra untuk alat makanannya. Gunakan pencuci foodgrade agar lebih terjamin keamanan dan kesehatan sang buah hati.

Cara Jaga Pakaian Bayi Agar Awet dan Tidak Mudah Rusak
5 (100%) 10 vote[s]

Tinggalkan komentar