Cara Merawat Rambut Agar Tetap Hitam dan Tidak Lekas Beruban

Di Kesehatan Tradisional 6 views

Merawat rambut di zaman modern seperti sekarang menjadi salah satu hal yang penting. Salah satunya adalah cara merawat rambut agar tetap hitam. Rambut yang mulai beruban terkadang mengganggu penampilan seseorang. Bisa dikatakan mereka yang mulai beruban akan terkesan terlihat lebih tua. Umumnya, uban ini akan muncul pada usia 30 tahunan tapi tidak menutup kemungkinan uban juga mulai muncul di bawah usia tersebut.

cara merawat rambut agar tetap hitam

Uban sendiri adalah sebuah keadaan dimana rambut yang dulunya hitam akan berubah menjadi keabu-abuan atau memutih. Penyebab utamanya adalah faktor usia. Adapula faktor lain yang memicu timbulnya uban, seperti kekurangan vitamin B, D dan E yang memicu penuaan dini serta faktor genetik. Oleh karena itu tidak sedikit orang yang memiliki uban pada usia yang masih muda.

Untuk mengatasi hal ini ada beberapa cara merawat rambut agar tetap hitam dan tidak mudah beruban. Berikut adalah cara-caranya:

Anda juga dapat membaca artikel Cara Merawat Rambut Agar Tidak Mudah Rontok sebagai perawatan untuk rambut Anda.

Keramas Menggunakan Air Teh

Perlu diingat bahwa air teh di sini bukan air teh yang manis, melainkan air teh tanpa gula atau air teh tawar. Gunakanlah air teh tersebut untuk keramas dan tidak perlu menggunakan shampo. Kemudian bilas menggunakan air bersih.

Keramas Menggunakan Londo Merang

Londo merang merupakan istilah bahasa Jawa untuk air dari tangkai padi. Londo merang sendiri dihasilkan dari tangkai padi yang dibakar hingga menjadi abu, kemudian abu tersebut dicapur dengan air dan disaring sampai meninggalkan airnya saja.

Sebelum ada shampo, nenek moyang menggunakan londo merang ini untuk keramas. Hal ini dipercaya karena dapat membasmi ketombe dan menguatkan rambut. Terbukti wanita zaman dulu memiliki rambut yang lebat dan hitam.

Menggunakan Minyak Rambut

Setelah mandi atau keramas, gunakanlah minyak kemiri atau minyak orang aring. Anda bisa membuatnya sendiri atau bisa juga membelinya. Selain agar penampilan Anda tetap terlihat segar, minyak kemiri dan minyak orang aring dipercaya mampu menghitamkan rambut secara alami.

Mewarnai Rambut

Cara yang terakhir adalah dengan mewarnai rambut. Hal ini bisa Anda gunakan sebagai cara alternatif, tapi perlu hati-hati juga sering mewarnai rambut bisa mengakibatkan kerusakan pada rambut itu sendiri.

Itulah tadi beberapa cara merawat rambut agar tetap hitam. Anda bisa menerapkannya di rumah untuk merawat rambut Anda agar tetap terlihat hitam dan lebat.

Cara Merawat Rambut Agar Tetap Hitam dan Tidak Lekas Beruban
5 (100%) 10 vote[s]
author
Penulis: 
    Cara Merawat Rambut Agar Subur dan Tidak Mudah Rontok
    Cara Merawat Rambut Agar Subur dan Tidak Mudah Rontok
    Rambut menjadi salah satu hal yang paling
    Kasiat Bedak Dingin dan Cara Membuatnya
    Kasiat Bedak Dingin dan Cara Membuatnya
    Sampai sekarang bedak dingin masih dijadikan andalan
    Cara Tradisional Menghilangkan Jerawat (Tanpa Efek Samping)
    Cara Tradisional Menghilangkan Jerawat (Tanpa Efek Samping)
    Jerawat atau sering juga disebut sebagai kukul
    Baca Juga×

    Top