Tren hidup sehat sedikit banyak telah menumbuhkan kesadaran di masyarakat untuk mulai mengubah pola hidup mereka menjadi lebih sehat dengan berolahraga dan memakan diet yang sehat. Tingginya angka penderita penyakit kardiovaskular seperti diabetes dan hipertensi semakin mendorong masyarakat untuk memperbaiki cara mereka mengolah makanan sehingga menghasilkan hidangan yang tidak hanya enak, namun juga tinggi gizi dan rendah lemak.

Di kalangan wanita, anggapan bahwa untuk menjadi cantik diperlukan tubuh yang langsing membuat para wanita berusaha untuk menjaga asupan makanan mereka. Diet sehat yang tidak menyiksa tubuh menjadi favorit wanita karena mereka tidak perlu merasa sangat lapar hanya untuk mengurangi kalori yang masuk ke tubuh mereka.

Cemilan-Sehat

Cemilan menjadi pilihan yang pas untuk mengisi perut di antara jam makan utama. Kadang-kadang kita merasa lapar lebih cepat sebelum jam makan utama berikutnya akibat kesibukan atau aktivitas yang banyak.

Cemilan sering diidentikkan dengan makanan yang penuh kalori karena biasanya berbentuk kue, es krim, puding, keripik, dan jenis makanan lainnya yang penuh gula dan garam. Karena hal itu cemilan sering dihindari oleh para pelaku hidup sehat. Akan tetapi, ternyata ada banyak cemilan sehat yang tinggi serat, mengenyangkan, enak serta sehat.

 

1. Buah Segar

Buah-Segar-sebagai-Cemilan-Sehat-dan-Enak

Potongan buah segar bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mengisi perut di antara sela waktu makan utama. Bahkan, memakan potongan buah sebelum makan dapat membuat kita merasa kenyang lebih cepat, dengan kata lain makanan utama yang kita makan jadi lebih sedikit.

Serat yang dimiliki oleh buah-buahan serta vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya sangat bermanfaat untuk memelihara kesehatan tubuh. Tubuh menjadi tidak mudah lelah dan selalu fit jika tubuh mendapat cukup asupan vitamin dan mineral yang diperlukan.

Variasi buah yang dapat kita pilih untuk dijadikan cemilan tidak terbatas. Apapun jenis buahnya kita tetap dapat menikmati manfaatnya.

Pisang banyak mengandung kalium dan sangat mudah didapat karena jenis buah ini tidak tergantung oleh musim. Buah pepaya juga tergolong buah yang cukup terjangkau namun juga memiliki banyak manfaat. Buah pepaya dapat melancarkan Buang Air Besar (BAB) sehingga menghindarkan kita dari masalah sembelit.

Buah lainnya seperti apel, mangga, anggur atau melon juga dapat dijadikan pilihan sebagai cemilan santai di sela waktu sibuk kita.

Pilih buah yang menjadi favoritmu, buah lokal dapat menjadi pilihan yang bagus karena selain kita dapat memenuhi asupan gizi kita dan memuaskan rasa lapar, kita juga secara tidak langsung melestarikan buah lokal yang terkadang kalah pamor dengan buah impor atau dari daerah lain.

Kita juga dapat menyejahterakan petani buah lokal dengan memilih buah khas daerah kita sebagai pilihan diet harian kita.

Kita mungkin sering merasa bosan dengan tampilan dan rasa potongan buah segar yang itu-itu saja. Sementara tampilan kue, es krim hingga cemilan cepat saji terus mengalami inovasi baik dari segi rasa, varian maupun tampilan.

Kita juga dapat meng-upgrade cemilan buah segar favorit kita menjadi seperti makanan penutup terkenal tapi tetap rendah kalori dan tinggi serat. Potongan buah dapat dinikmati secara langsung, dibuat jus, dibuat smoothies, bahkan bisa juga dibuat menjadi desert dingin seperti es krim.

Jus Buah

Untuk jus, setelah kalian memotong-motong buah segar yang menjadi favorit kalian, kalian bisa langsung memasukkannya ke dalam blender atau juice maker. Tambahkan madu sebagai pemanis alami jika kalian menginginkan jus yang kalian buat lebih manis.

Untuk beberapa buah seperti mangga dan melon, rasa manis yang dimiliki secara alami pada daging buahnya sebenarnya cukup enak untuk dinikmati tanpa perlu ditambah madu atau pemanis lainnya.

Jika kalian termasuk pecinta rasa manis, kalian bisa mencoba untuk mengurangi standar rasa manis yang kalian punya sedikit demi sedikit dengan mengonsumsi jus buah tanpa tambahan pemanis karena terlalu banyak mengonsumsi glukosa akan berakibat pada penumpukan lemak.

Glukosa yang terlalu banyak di dalam tubuh akan diubah ke dalam bentuk cadangan lemak yang disimpan di bawah kulit. Kita tentu saja tidak mau memiliki banyak cadangan lemak yang membuat penampilan kita tidak oke, kan?

Jangan lupa untuk menambahkan potongan es agar jus yang kita buat semakin nikmat. Jika kalian termasuk orang-orang sibuk yang kesulitan untuk mencari waktu membuat jus buah favorit kalian, kalian bisa menyimpan jus buah yang kalian buat di dalam kulkas, buatlah untuk beberapa kali minum.

Kalian bisa meminum jus tersebut secara berkala atau memindahkannya ke dalam botol minuman untuk dibawa ke sekolah, kampus atau kantor.

Smoothies

Untuk membuat smoothie, kalian bisa membuatnya dengan cara yang sama dengan cara membuat jus namun dengan ditambah susu rendah lemak atau yoghurt dan madu jika kalian menginginkannya lebih manis.

Selain itu, tips tambahan untuk kalian yang sibuk, kalian bisa memotong-motong semua persediaan buah favorit kalian yang ingin kalian jadikan smoothie atau jus, lalu bungkus potongan buah tersebut ke dalam plastik sebanyak satu kali sajian per plastik. Potongan buah yang telah kalian kemas dapat kalian masukkan ke dalam freezer.

Saat kalian ingin membuat jus buah, kalian bisa mengambil potongan buah yang telah beku tersebut dan membuatnya menjadi jus atau smoothie. Dengan cara ini, kalian bisa menghemat waktu dan membuat jus atau smoothie menjadi lebih praktis.

Hasil penghalusan potongan buah yang telah beku akan menjadi lebih kental karena air yang di dalam buah telah berkurang akibat proses pembekuan. Kalian tidak hanya bisa membuat jus atau smoothie dari satu jenis buah saja, beberapa kombinasi buah bahkan bisa menghasilkan sajian yang sangat enak.

Es Potong

Sebuah kedai desert di Jepang menjual variasi olahan buah dan sayur menjadi es potong (popsickle) yang sangat menggugah selera.

Tomat, semangka dan buah serta sayur lainnya diolah menjadi es potong yang memiliki potongan buah segar di dalamnya.

Mungkin es potong tomat terdengar asing di telinga masyarakat, namun komentar dari para pelanggan di kedai itu menyatakan bahwa es potong tomat terasa menyegarkan dan bisa menjadi pilihan yang bagus bagi kalian yang tidak suka tomat.

Ide mengolah buah menjadi es potong bisa kita adaptasi di rumah. Cukup bekukan jus atau smoothies yang telah kita buat dan campurkan potongan buah segar di dalamnya agar menjadi lebih nikmat. Olahan buah tidak hanya bisa kita nikmati secara langsung namun ternyata bisa juga dibuat menjadi berbagai panganan dingin yang nikmat.

 

2. Infused Water Buah dan Sayur

Mungkin kalian sudah sering mendengar tentang infused water dari buah dan sayur. Tren meminum air hasil rendaman buah dan/atau sayur sangat populer di Indonesia sebagai salah satu gaya hidup sehat generasi milenial.

Banyak masyarakat yang mulai mencoba membiasakan diri meminum infused water hasil rendaman beberapa jenis buah dan hasilnya adalah banyak dari mereka yang merasakan manfaat dari meminum minuman tersebut secara rutin.

Efek ke tubuh seperti tubuh menjadi lebih segar, lebih fit, tidak gampang lelah hingga kulit yang semakin cantik membuat para pegiat healthy life style berbondong-bondong mengadopsi infused water ini ke dalam list wajib diet mereka.

Namun apakah kalian tahu sebenarnya apa sih Infused Water itu ? Infused Water adalah air putih yang diberikan potongan buah dan/atau sayur lalu dibiarkan selama satu malam di dalam lemari es atau di suhu ruang.

Infused water sejatinya merupakan cara baru untuk menikmati air putih yang seringkali jarang diminum oleh generasi milenial yang super sibuk. Air putih terkadang tidak diminati karena rasanya yang tawar dan tidak berbau.

Berbeda dengan cola, jus buah, atau softdrink lainnya yang memiliki rasa dan aroma yang khas. Masyarakat sekarang lebih memilih untuk meminum softdrink sebagai teman makan sehingga asupan air putih yang banyak diperlukan oleh tubuh tidak tercukupi, sebaliknya aneka softdrink yang ada di pasar semakin menumpuk kalori dan gula di dalam tubuh yang mana tidak baik bagi tubuh jika berlebihan.

Kemudian, muncullah tren memasukkan buah dan/atau sayur ke dalam air putih untuk memberikan aroma hingga rasa sehingga air putih yang kita minum tidak hanya berasa tawar namun juga memiliki aroma dari buah atau sayur yang kita masukkan.

Buah dan sayur yang direndam selama semalam ini kemudian memberikan sebagian vitamin dan mineral yang dikandungnya ke dalam air putih.

Penelitian menunjukkan bahwa vitamin dan mineral yang dikandung oleh suatu buah akan berpindah ke air putih tersebut meskipun tidak sebanyak vitamin dan mineral yang dikandung dalam buah segarnya. Vitamin dan mineral inilah yang menjadi poin tambah pada infused water.

Meskipun begitu, yang menjadi poin utama yang menyebabkan orang-orang meraskaan manfaat dari meminum infused water adalah air putihnya itu sendiri.

Kita tidak sadar bahwa asupan air putih yang kurang ternyata menyebabkan tubuh menjadi tidak fit hingga merusak kulit. Dengan mengubah air putih menjadi infused water maka orang-orang menjadi tertarik untuk minum air putih sehingga asupan air putih dapat terpenuhi.

Jika tubuh mendapat cukup air maka tubuh akan menjadi lebih segar serta kulit menjadi lebih lembab. Hal inilah yang dirasakan oleh orang-orang sebagai manfaatnya.

 

3. Oat

Oat-Meal-sebagai-Makanan-Sehat-atau-Cemilan-Sehat

Oat sangat identik dengan makanan sehat. Konsumsi oat secara rutin terkenal dapat berdampak baik bagi kesehatan kardiovaskular.

Oat mengandung lebih banyak serat sehingga dapat meringankan konstipasi serta membantu mengontrol gula darah.

Memakan oat juga dihubungkan dengan penurunan kadar kolesterol LDL rata-rata 7% sehingga memengaruhi kesehatan jantung.

Memasak oat semakin mudah dengan hadirnya oat instant yang dijual di supermarket. Kita dapat memasak oat dengan hanya menyeduhnya tanpa perlu dimasak. Namun tahukan kalian, ternyata ada beberapa kesalahan populer yang dilakukan oleh masyarakat saat membuat oat.

Kesalahan dalam Membuat Oat

Marygrace Taylor di laman www.prevention.com menulis bahwa ada 6 kesalahan yang kita lakukan saat membuat oatmeal. Di sini kita hanya akan membahas tiga di antaranya yah.

Yang pertama adalah membuatnya dengan air panas biasa alih-alih dengan susu. Oat sering terkenal dapat membuat kita kenyang hingga waktu makan siang.

Hal itu benar dan bisa terjadi jika kita membuat oatmeal dengan mencampurkannya dengan susu, bukan dengan air. Menambahkan protein ke dalam oatmeal dapat membuat kita merasa lebih kenyang. Selain susu, kita juga bisa menambahkan kacang-kacangan ke dalam oatmeal kita setiap pagi.

Kesalahan kedua adalah menggunakan cangkir kecil untuk membuat oatmeal. Kita mungkin merasa bahwa oatmeal yang kita buat tidak membutuhkan cangkir yang besar. Namun, oatmeal dapat mengembang. Menggunakan cangkir kecil akan berakibat pada tumpahnya oatmeal karena wadah yang terlalu kecil.

Sebaiknya gunakan cangkir yang lebih besar agar tidak ada oatmeal yang tumpah sia-sia.

Kesalahan ketiga adalah kita kadang tidak menunggu oatmeal yang kita buat untuk masak dengan sempurna. Meskipun yang kita lakukan hanya menyeduh oat instant, kita perlu untuk menunggu beberapa waktu agar oat yang kita buat dapat mengembang dengan sempurna hingga menjadi oatmeal yang lembut, creamy dan enak.

Kesabaran yang kita lakukan akan sebanding dengan rasa oatmeal yang kita makan.

Itulah beberapa cemilan enak dan tentunya menyehatkan yang bisa kita coba? Kamu tertarik dengan cemilan sehat yang mana?

Cemilan Sehat dan Nikmat
Beri nilai artikel ini