Jarang Diketahui, Ini Manfaat Konsumsi Makanan Pedas

Di Kesehatan Masyarakat 18 views

Untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan prima, tentunya kita harus rutin mengonsumsi makanan yang penuh gizi dan serat.

Pola 4 sehat 5 sempurna digadang-gadang menjadi syarat hidup sehat. Salah satu komponen yang tidak bisa lepas dari piring makanan masyarakat Asia adalah cabai atau sambal. Zat capsaicin, vitamin A, dan vitamin C yang terkandung dalam cabai dapat membawa dampak positif di bidang kesehatan. Siapa sangka, bahan makanan ini ternyata memiliki banyak kebaikan bagi tubuh kita lho. Anda tidak percaya? Simak manfaat konsumsi makanan pedas di bawah ini ya!

 

Membantu Program Penurunan Berat Badan

Makanan Pedas Membantu Program Penurunan Berat Badan

Apakah Anda sedang dalam program penurunan berat badan?

Dengan mengonsumsi makanan pedas, proses metabolisme akan berjalan lebih lancar lho. Wah, bagaimana bisa? Zat capsaicin yang terkandung dalam cabai akan menimbulkan sensasi panas yang akan mendorong sintesis lemak cokelat (brown adipose).

Peningkatan metabolisme tubuh ini akan menghasilkan peningkatan pembakaran lemak kira-kira sekitar 16 persen. Penelitian lain juga menunjukan bahwa sensasi termogenik akibat zat capsaicin dapat membakar ekstra kalori kurang lebih selama 20 menit setelah makan.

 

Meredakan Rasa Sakit

Konsumsi Makanan Pedas dapat Meredakan Rasa Sakit

Zat capsaicin yang terkandung dalam cabai memiliki sifat anti peradangan (anti inflamasi). Penelitian dilakukan pada konsumen rutin chinese food (yang mengandung sedikit konsentasi capsaicin) menunjukkan hasil bahwa mereka memiliki peluang tiga kali lebh besar mengalami ulkus organ pencernaan akbiat bakteri Helicobacter pylori. Hasil penelitian berbanding terbalik dengan responden yang rutin mengonsumsi makanan pedas ala Melayu dan India yang mengandung lebih banyak konsentrasi capsaicin pada makanannya.

 

Memperbaiki Kinerja Organ Jantung

Makanan Pedas dapat Memperbaiki Kinerja Organ Jantung

Lagi-lagi manfaat mengonsumsi makanan pedas diprakarsai oleh adanya zat capsaicin. Zat capsaicin dalam cabai dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL/ Low Density Lipoprotein) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL/ High Density Lipoprotein).

Benar, tidak semua kolesterol bersifat merugikan ya kawan-kawan. Selain itu, sensasi hangat dari capsaicin dapat memperlancar aliran darah dengan melakukan pelebaran pembuluh darah. Kandungan vitamin A dan vitamin C yang terkandung dalam cabai juga membantu dinding otot jantung menjadi lebih kuat.

 

Mencegah Penyakit Kanker dan Tumor

Makanan Pedas Mencegah Penyakit Kanker dan Tumor

Zat capsaicin dalam cabai dibuktikan mampu mengaktifkan reseptor sel dalam usus sehingga menciptakan penghambatan terhadap reaksi over-reaktif dari suatu sel bakal kanker. Dikutip dari American Association for Cancer Research, senyawa capsaicin (yang juga berada pada tanaman herbal kunyit) memiliki kemampuan menghmabat pertumbuhan sel kanker.

 

Manfaat Mengonsumsi Makanan Pedas

Dari manfaat-manfaat yang ditawarkan di atas, kita harus mengingat bahwa berat badan ideal tidak serta-merta dapat dicapai dengan mengonsumsi satu piring penuh sambal. Berbagai manfaat dalam bidang kesehatan di atas juga harus didukung dengan program makan makanan bergizi, istirahat cukup, serta gaya hidup sehat.

 

Kita juga tidak perlu mengonsumsi makanan pedas dengan berlebihan. Dengan mengonsumsi makanan pedas (apalagi di saat menjelang waktu tidur), akan berpotensi menyebabkan gangguaan pencernaan yang berujung membuat Anda susah untuk tidur nyenyak. Hal yang berbahaya akan timbul pada mereka yang tidak terbiasa makan makanan pedas. Sakit perut melilit dan diare bisa disebabkan akibat mengonsumsi makanan pedas terlalu banyak. Orang dengan diagnosa luka pada lambung (ulkus lpeptikus) juga tidak dianjurkan mengonsumsi makanan pedas. Para ahli menyarankan mengonsumsi makanan dengan kandungan capsaicin paling tidak 2-3 kali dalam seminggu.

 

Nah, dari penjelasan di atas, apakah Anda termasuk #TeamMakanPedas atau #AntiPedasPedasClub? Share di kolom komentar ya!

Jarang Diketahui, Ini Manfaat Konsumsi Makanan Pedas
4.9 (98.33%) 12 vote[s]
author
Fakultas Kedokteran Universitas Jember
Ketahui Perbedaan Demam Berdarah dan Malaria
Ketahui Perbedaan Demam Berdarah dan Malaria
Meski sama-sama disebabkan gigitan nyamuk, demam berdarah
Pencernaan Anda Bermasalah? Inilah Pilihan Makanan yang Tepat untuk Melancarkan!
Pencernaan Anda Bermasalah? Inilah Pilihan Makanan yang Tepat untuk Melancarkan!
Membebaskan diri dengan mengonsumsi makanan sembarangan di
Memiliki Payudara Kecil, Apakah Tetap Bisa Menyusui?
Memiliki Payudara Kecil, Apakah Tetap Bisa Menyusui?
Menyusui adalah sebuah anugerah terindah bagi seorang
Puasa Bagi Ibu Menyusui, Apakah Aman?
Puasa Bagi Ibu Menyusui, Apakah Aman?
Bulan Ramadhan menjadi bulan di mana umat
Baca Juga×

Top