Memiliki Payudara Kecil, Apakah Tetap Bisa Menyusui?

Menyusui adalah sebuah anugerah terindah bagi seorang ibu, tapi ada hal yang sering menghantui mereka yang memiliki payudara kecil. Apakah bisa menyusui dan dapat memberikan ASI? Mengenai hal ini, sebenarnya tidak perlu khawatir karena jaringan lemak yang membentuk payudara tidak ada hubungannya sama sekali dengan produksi ASI. Namun, mereka yang memiliki payudara kecil akan sedikit merasa kesulitan saat hendak menyusui.

payudara kecil apakah bisa menyusui

Tapi tenang saja berikut ada beberapa tips yang bisa anda gunakan saat menyusui:

Tips Menyusui Bagi Ibu dengan Payudara Kecil

1. Posisikan payudara menggunakan huruf V

Memposisikan payudara berhuruf V dinilai bekerja lebih baik saat menyusui dibandingkan dengan posisi huruf C. Terutama bagi ibu dengan payudara yang tidak cukup besar.

Jika pada posisi huruf C, payudara dipegang oleh telapak tangan dengan ibu jari di atas payudara dan jari-jari lain di sekitar bagian bawah payudara.

Berbeda dengan posisi huruf V yang mana payudara dipegang atau ditopang oleh jari telunjuk dan jari tengah di sekitar payudara.

2. Tidak menyusui hanya pada salah satu payudara

Usahakan untuk tidak menyusui hanya di salah satu payudara. Mulailah menyusui dengan payudara yang berbeda atau bergantian. Hal ini bertujuan agar produksi ASI tetap optimal.

3. Menyusui dengan teratur

Setidaknya berikanlah ASI 8-12 kali sehari untuk memastikan bayi telah mendapat cukup nutrisi. Agar hal ini bisa tercapai berikanlah ASI 2-3 jam sekali.

4. Menggendong bayi dengan benar

Salah satu faktor keberhasilan menyusui adalah posisi menggendong. Jika saat menyusui terdengar suara isapan bayi itu artinya anda harus mengubah posisinya. Karena hal ini menandakan bayi belum mengisap puting dengan benar.

Untuk memastikannya anda juga bisa menarik bibir bawah bayi apakah melihat lidahnya atau tidak.

5. Periksa bayi secara rutin

Lakukan pemeriksaan secara rutin pada dokter untuk memantau perkembangan bayi. Bertambahnya berat badan menandakan bayi telah mendapatkan ASI yang cukup.

Namun, jika kurva menandakan garis datar atau tidak ada perkembangan itu artinya bayi memerlukan perhatian. Adapun nanti langkah-langkah yang harus diambil tergantung pada pertumbuhan bayi dan arahan dari dokter itu sendiri.

 

Memiliki Payudara Kecil, Apakah Tetap Bisa Menyusui?
5 (100%) 10 vote[s]

Tinggalkan komentar