Nikmati Hidup Lebih Sehat dengan Nasi Merah

Kebanyakan orang mengira konsumen nasi merah hanya mereka yang sedang menjalani program diet. Baru-baru ini, banyak penelitian mengungkapkan sering mengonsumsi beras putih disebut lebih meningkatkan potensi risiko mengalami diabetes tipe 2.

Nah, dari pernyataan tersebut apakah Anda tertarik untuk mengonsumsi beras merah sebagai makanan sehari-hari?

beras merah untuk diabetes

Perbedaan Kandungan Nasi Merah dengan Nasi Putih

Kira-kira apa yang membuat nasi merah selalu diyakini memiliki lebih banyak manfaat dari nasi putih?

Ya, nasi merah seringkali dijadikan alternatif makanan pokok selain nasi putih. Pola hidup sehat juga dijanjikan bagi mereka konsumen setia nasi merah.

Sebenarnya, terdapat perbedaan kandungan pada nasi merah dan nasi putih yang akan dijelaskan berikut ini:

  • Kandungan serat pada nasi merah lebih tinggi dibanding nasi putih. Dalam satu gelas berisi beras merah mengandung 218 kalori, 4.5 gram protein, 8 gram lemak, 3.5 gram serat, dan 45.8 gram karbohidrat. Sedangkan pada segelas beras putih memiliki lebih sedikit serat dan protein di mana terdiri dari 242 kalori, 4.4 gram protein, 0.4 gram lemak, 53.2 gram karbohidrat, dan 0.6 gram serat.
  • Vitamin thiamin, niacin, dan B6 pada satu porsi beras merah lebih banyak dengan rincian 2 mg thiamine, 2.6 mg niacin, dan 0.3 mg vitamin B6. Berbeda dengan beras putih yang akan kehilangan vitamin B saat masa pengolahan.
  • Kandungan mineral seperti magnesium dan fosfor juga lebih banyak pada nasi merah daripada nasi putih. Sebanyak 86 mg magnesium dan 150 mg fosfor pada beras merah sudah memenuhi 225 kebutuhan harian asupan magnesium dan 15% kebutuhan harian asupan fosfor.
  • Indeks glikemik beras merah jauh lebih rendah (55) daripada beras putih (86). Indeks glikemik sendiri merupakan kemampuan suatu zat makanan untuk meningkatkan kadar gula di dalam darah kita. Indeks glikemik rendah menandakan makanan tersebut lebih sehat dan aman untuk pengontrol gula darah bagi penderita diabetes.

 

Manfaat Nasi Merah yang Jarang Diketahui

Begitu terkenalnya nasi merah yang digadang-gadang menggantikan nasi putih tentu bukan tanpa alasan. Selain perbedaan kandungan yang telah dijelaskan di atas, nasi merah juga mendatangkan banyak sekali manfaat sebagai berikut:

Menurunkan Berat Badan

Dengan kandungan serat yang lebih tinggi, nasi merah berperan penting dalam pengendalian berat badan. Pasalnya, serat bermanfaat untuk membantu proses pencernaan. Selain itu, jumlah protein yang terkandung dalam nasi merah juga lebih tinggi. Artinya, proses pembentukan sel baru akan lebih banyak dilakukan daripada sekedar penumpukan lemak dan kalori.

Menurunkan Risiko Diabetes Melitus

Indeks glikemik yang lebih rendah pada nasi merah membuat nasi merah cukup signifikan dalam menurunkan kadar gula darah.

Semakin banyak glukosa yang diambil dari aliran darah (sehingga indeks glikemik menurun), maka semakin banyak pula glukosa yang ditarik hormon insulin menuju sel tubuh untuk dikonversi menjadi energi.

Penelitian yang dipublikasikan oleh International Journal of Food Science and Nutrition tahun 2016 menyatakan, mereka yang mengonsumsi nasi merah sehari-hari memiliki kadar gula darah yang lebih rendah setelah makan jika dibandingan dengan konsumen nasi putih.

Mengurangi terjadinya penyakit jantung

Kandungan zat lignin pada nasi merah dipercaya dapat mengurangi lemak dalam darah sehingga kejadian aterosklerosis dapat diminimalisir.

Selain itu, zat lignin juga mampu mengurangi peradangan di arteri serta menurunkan tekanan darah.

Tak heran bila mengonsumsi nasi merah sama saja dengan mengurangi resiko terjadinya penyakit jantung.

Baik untuk Ibu Menyusui

Selain membantu ibu yang baru saja melahirkan untuk menurunkan berat badan secara aman, kandungan mineral seperti magnesium dan folat pada nasi merah sangat diperlukan bagi ibu yang menyusui.

Tanpa efek samping rasa cepat lelah dan produksi ASI berkurang, nasi merah bisa menjadi solusi agar ibu tetap mendapat kalori dalam jumlah yang cukup tanpa mengurangi asupan karbohidrat.

 

Dari sini kita tahu bahwa banyak sekali manfaat hidup sehat yang diperoleh dari mengonsumsi nasi merah bukan? Apakah Anda tertarik beralih mengonsumsi nasi merah daripada nasi putih?

Share di kolom komentar ya!

 

Referensi:

https://www.researchgate.net/publication/282423057_Health_Benefits_of_Traditional_Rice_Varieties_of_Temperate_Regions

https://www.omicsonline.org/open-access/health-benefits-of-traditional-rice-varieties-of-temperate-regions-2167-0412-1000198.pdf

http://www.ijcrbp.com/vol-1-5/Akansha%20Saxena.pdf

https://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/09751270.2016.11907835

Nikmati Hidup Lebih Sehat dengan Nasi Merah
4.9 (98.33%) 12 votes

Tinggalkan komentar