Pentingnya Mengatur dan Menjaga Pola Makan

Sibuknya runititas terkadang membuat kita lupa akan kebutuhan untuk mengatur dan menjaga pola makan. Padahal padatnya aktivitas seharusnya membuat kita lebih pintar untuk mengatur pola makan. Energi yang kita gunakan untuk beraktivitas berasal dari makanan yang kita konsumsi. Untuk itu, diperlukan upaya agar kita tetap bisa memenuhi nutrisi yang diperlukan tubuh walaupun dengan rutinitas yang sangat banyak.

 

Banyak Manfaat

Pola makan didefinisikan sebagai jumlah, proporsi, variasi, atau kombinasi dari makanan dan minuman yang berbeda dan frekuensi konsumsi. Pola makan yang sehat terbukti memberikan efek kesehatan yang baik. Beberapa pola makan seperti Dietary Approaches to Stop Hypertension (DASH), Mediterranean dietary pattern (MDP), dan diet vegetarian terbukti dapat menjaga kesehatan.

Pada pola-pola ini makanan dikonsumsi pada konsentrasi kalori yang tepat sehingga mendorong pertumbuhan dan perkembangan yang sehat sambil mengurangi risiko penyakit kronis yang dapat dicegah, termasuk penyakit kardiovaskular, diabetes tipe 2, tulang dan gigi yang kuat dan mengontrol berat badan. Selanjutnya, beberapa pola makan ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan fungsional pada orang yang lebih tua.

Pentingnya Mengatur dan Menjaga Pola Makan

Diabetes Tipe 2

Menjaga berat badan yang sehat dan makan yang rendah lemak jenuh dan tinggi serat yang ditemukan dalam biji-bijian dapat membantu mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2.

Kesehatan Jantung

Mengonsumsi buah-buahan, sayuran, biji-bijian dan susu rendah lemak dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dengan mempertahankan tekanan darah dan kadar kolesterol. Tekanan darah tinggi dan kolesterol bisa menjadi gejala terlalu banyak garam dan lemak jenuh dalam makanan yang Anda konsumsi.

Makan ikan berminyak seperti salmon dan trout dengan porsi yang cukup setiap minggu juga dapat membantu menurunkan risiko terkena penyakit jantung. Tingginya tingkat asam lemak omega-3 pada ikan berminyak baik untuk kesehatan jantung.

Tulang dan Gigi yang Kuat

Makanan kaya kalsium dapat menjaga gigi dan tulang Anda kuat dan dapat membantu memperlambat pengeroposan tulang (osteoporosis) yang terkait dengan bertambahnya usia.

Kalsium biasanya dikaitkan dengan produk susu, tetapi Anda juga bisa mendapatkan kalsium dari beberapa makanan sepertiĀ  sarden, kale, brokoli, produk kedelai, jus buah dan sereal.

Karena vitamin D membantu tubuh Anda menyerap kalsium, pastikan tubuh Anda mendapat vitamin D dari matahari dan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin D seperti ikan berminyak dan sereal.

Mengontrol Berat Badan

Makan makanan sehat yang meliputi banyak buah, sayuran, gandum utuh dan lemak tak jenuh dalam jumlah yang cukup, daging dan susu dapat membantu Anda mempertahankan berat badan. Mengonsumsi beragam jenis makanan ini setiap hari menyisakan sedikit ruang untuk makanan yang tinggi lemak dan gula yang ditengarai sebagai penyebab utama kenaikan berat badan.

Bersama dengan olahraga, makan makanan yang sehat dengan proporsi yang tepat dapat membantu Anda menurunkan berat badan, menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah serta mengurangi risiko diabetes tipe 2.

 

Strategi Mengatur Pola Makan

Mungkin Anda merasa sulit untuk memprioritaskan kesehatan Anda selama hari kerja. Di antara segudang aktivitas yang Anda jalani sepertinya tidak ada waktu untuk mengurus diri sendiri. Jika Anda sering melewatkan waktu makan dan sering minum beberapa cangkir kopi setiap hari, inilah waktunya untuk membuat perubahan.

Sarapan Sebelum Mulai Beraktivitas

Para pekerja dan mahasiswa sering melewatkan waktu sarapan. Sarapan sangat penting untuk menyiapkan Anda agar dapat beraktivitas sepanjang hari. Dengan melewatkan sarapan, Anda hanya memiliki sedikit energi, penurunan fokus, dan makan berlebihan sepanjang hari. Ketika Anda beraktivitas, biasanya jauh lebih sulit untuk menjauhkan diri dari aktivitas tersebut.

Membawa Botol Air

Jika Anda membawa botol air ketika beraktivitas, Anda lebih mungkin untuk tetap terhidrasi sepanjang hari. Tidak hanya akan membantu Anda untuk tetap lebih terhidrasi, tetapi juga akan membantu Anda untuk mengalihkan perhatian sejenak dari rutinitas.

Hentikan Aktivitas Anda Saat Jam Makan

Banyak orang saat beraktivitas melewatkan istirahat makan karena mereka ingin cepat-cepat menyelesaikan aktivitas yang mereka lakukan. Segera hentikan kebiasaan ini. Tubuh Anda berhak mendapat istirahat makan. Dengan melewatkan jam makan, Anda kehilangan kesempatan untuk memberikan nutrisi ke tubuh Anda. Makan secara konsisten sepanjang hari akan membantu fokus dan energi Anda.

Mulailah dengan istirahat 10 menit dan lanjutkan dengan makan 15 hingga 20 menit. Tarik 3 hingga 5 napas sebelum Anda mulai makan untuk mengalihkan sistem saraf Anda dari mode simpatik (melawan atau lari) dan ke dalam mode parasimpatis (istirahat dan cerna) sehingga Anda dapat mencerna makanan Anda lebih efektif.

Mulailah untuk membiasakan diri dengan pola makan yang benar agar kesehatan Anda tetap terjaga dan tidak menghambat rutinitas Anda.

 

Referensi:

  1. Nelson, M. E., Hamm, M. W., Hu, F. B., Abrams, S. A., & Griffin, T. S. (2016). Alignment of Healthy Dietary Patterns and Environmental Sustainability: A Systematic Review. Advances in nutrition (Bethesda, Md.), 7(6), 1005-1025. doi:10.3945/an.116.012567
  2. Health benefits of eating well [Internet]. Nhsinform.scot. 2018 [cited 8 December 2018]. Available from: https://www.nhsinform.scot/healthy-living/food-and-nutrition/eating-well/health-benefits-of-eating-well
  3. Pamensky A. 7 Healthy Eating Habits for Your Busy Work Day [Internet]. The Chopra Center. 2018 [cited 8 December 2018]. Available from: https://chopra.com/articles/7-healthy-eating-habits-for-your-busy-work-day
Pentingnya Mengatur dan Menjaga Pola Makan
4.9 (97.5%) 16 vote[s]

2 pemikiran pada “Pentingnya Mengatur dan Menjaga Pola Makan”

Tinggalkan komentar