Sebagai bentuk rasa syukur kepada Sang Pencipta yang telah menganugerahkan si buah hati, perawatan bayi tentu harus dilakukan dengan sepenuh hati. Bayi yang baru lahir tentu rentan sekali dengan perubahan yang terjadi di lingkungan sekelilingnya. Orang tua memegang peranan yang sangat penting untuk memastikan bahwa si buah hati tetap terlindungi.

Bagi orang tua yang telah dikaruniai anak sebelumnya tentu tidak akan merasa begitu kerepotan untuk mengurus segala keperluan bayi, tetapi hal tersebut berbeda kondisi untuk orang tua yang baru dikaruniai buah hati. Perlu pengetahuan yang cukup untuk mengurusi berbagai keperluan bayi agar segala kebutuhannya dapat terpenuhi. Berikut ini hal-hal yang perlu anda perhatikan untuk memaksimalkan perawatan bayi kesayangan anda.

 

Penanganan Bayi Baru Lahir

Perawatan Bayi Mesti dengan Pengawasan Maksimal

Jika anda tidak memiliki banyak pengalaman dalam menangani bayi yang baru lahir, kerentanan mereka patut anda perhatikan. Berikut beberapa hal mendasar yang perlu diingat:

  • Cuci tangan anda atau gunakan hand sanitizer sebelum memegang Bayi baru lahir belum memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat jadi mereka rentan terkena infeksi. Pastikan juga bahwa setiap orang yang memegang bayi anda memiliki tangan yang bersih.
  • Perhatikan kepala dan leher bayi anda. Pegang kepala saat menggendong bayi dan saat anda meletakkan bayi anda.
  • Jangan pernah mengguncang tubuh bayi anda termasuk saat Getaran yang terlalu kuat dapat menyebabkan pendarahan di otak dan bahkan kematian. Jika anda ingin mengangkat bayi anda usahakan jangan sampai gemetar. Jika anda ingin bermain dengan si buah hati, anda dapat menggelitik kaki bayi anda atau tiupkan pipi dengan lembut.
  • Pastikan bayi anda duduk kencang dengan aman di dalam kereta dorong. Batasi aktivitas apa pun yang terlalu kasar. Ingat, bayi anda belum siap untuk bermain kasar, seperti bergoyang-goyang di lutut anda atau terlempar ke udara.

 

Membangun Ikatan dengan Si Kecil

Dalam perawatan bayi perlu adanya bonding antara orang tua dengan si buah hati

Bonding menjadi salah satu bagian yang paling menyenangkan dari perawatan bayi. Bonding dapat dilakukan selama waktu sensitif di jam pertama kelahiran. Orang tua dapat membuat hubungan yang mendalam dengan bayi mereka. Kedekatan fisik dapat meningkatkan hubungan emosional.

Keterikatan berperan penting dalam pertumbuhan emosional bayi. Keterikatan juga dapat mempengaruhi pertumbuhan fisik bayi. Cara lain untuk membangun ikatan dengan bayi anda adalah mencurahkan segenap kasih sayang anda untuk mereka. Anak-anak dapat berkembang secara baik dengan memiliki orang tua atau orang dewasa lainnya dalam hidup mereka yang mencintai mereka dengan sepenuh hati.

Mulai bangun ikatan dengan menggendong bayi anda dan membelainya dengan lembut. Anda dan pasangan anda dapat mengambil kesempatan untuk memegang bayi anda secara bergantian atau menyuapi bayi anda saat makan.

Bayi, terutama bayi prematur dan bayi yang memiliki masalah medis dapat diberikan pijatan bayi. Jenis pijatan tertentu dapat meningkatkan ikatan anda dengan bayi anda dan membantu pertumbuhan dan perkembangan bayi. Hati-hati, bagaimanapun  bayi tidak sekuat orang dewasa jadi pijat bayi anda dengan lembut.

Bayi biasanya menyukai suara vokal, seperti berbicara, mengoceh, dan bernyanyi. Bayi Anda mungkin juga suka mendengarkan musik. Suara tiruan bayi dan musik ponsel adalah cara lain yang dapat merangsang pendengaran bayi anda. Jika si kecil rewel, cobalah bernyanyi, membaca puisi dan lagu anak-anak, atau membaca dengan suara keras atau goyang bayi anda dengan lembut dalam ayunan.

Beberapa bayi bisa sangat sensitif terhadap sentuhan, cahaya, atau suara, dan mungkin dapat terkejut dan menangis dengan mudah, kurang tidur, atau memalingkan wajah mereka ketika seseorang berbicara atau mengajak mereka bercanda. Jika itu yang terjadi pada bayi anda, jaga tingkat kebisingan dan tingkat cahaya yang rendah hingga sedang.

Membedong bayi yang tepat membuat lengan bayi dekat dengan tubuh sementara kaki masih dapat memungkinkan beberapa gerakan. Popok tidak hanya membuat bayi hangat, tetapi juga dapat memberikan bayi rasa aman dan nyaman. Membedong bayi dapat membantu membatasi refleks kejut yang dapat membangunkan bayi.

Berikut ini beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk membedong bayi

  • Bentangkan kain, dengan satu sudut dilipat sedikit.
  • Baringkan bayi menghadap ke atas pada kain dengan kepalanya di atas sudut yang terlipat.
  • Bungkus sudut kiri di atas tubuh dan selipkan di bawah punggung bayi, di bawah lengan kanan.
  • Tarik sudut bawah kain ke atas kaki bayi dan tarik ke arah kepala, lipat kain ke bawah jika mendekati wajah. Pastikan kain tidak terlalu ketat di sekitar pinggul. Pinggul dan lutut harus sedikit ditekuk. Membedong bayi terlalu erat dapat meningkatkan kemungkinan displasia panggul.
  • Bungkus sudut kanan di atas tubuh bayi menutupi kain yang sudah dilipat sebelumnya, dan selipkan di bawah punggung bayi di sisi kiri, hanya menyisakan leher dan kepala yang terbuka. Untuk memastikan bayi anda tidak dibedong terlalu ketat, pastikan anda dapat menyelipkan tangan di antara kain dan dada bayi anda yang memungkinkan pernapasan yang nyaman. Pastikan juga kain itu tidak longgar sehingga bisa menjadi tidak teratur.
  • Bayi sebaiknya tidak dibedong setelah berusia 2 bulan. Pada usia ini, beberapa bayi dapat bergerak lebih banyak ketika dibedong yang akan meningkatkan risiko sindrom kematian bayi mendadak (SIDS).

 

Memperhatikan Kondisi Tidur yang Baik

Memijat merupakan Salah Satu Bentuk Perawatan Bayi

Tidur bersama dengan bayi anda tidaklah direkomendasikan. Walapun tidak ada tempat tidur yang benar-benar bebas risiko, tetapi banyak yang bisa anda lakukan untuk menyediakan tempat tidur yang lebih aman untuk bayi anda.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa bayi yang tidur di tempat tidur khusus untuk mereka lebih aman daripada tidur bersama-sama dengan orang lain.

Untuk tahun pertama, tempat teraman bagi bayi untuk tidur adalah di tempat tidur mereka sendiri. Tempat tidur tersebut diletakkan di kamar orang tua untuk enam bulan pertama. Akan tetapi, banyak orang tua yang tetap memilih untuk tidur bersama dengan bayi mereka. Beberapa hal berikut ini perlu anda perhatikan untuk menjaga kondisi tidur bayi tercinta anda.

  • Bayi harus tidur telentang dalam tempat tidur khusus bayi yang memenuhi standar keselamatan. Ini adalah hal yang direkomendasikan untuk tahun pertama usia bayi.
  • Pakaian yang dikenakan bayi anda harus diperhatikan. Tujuan anda untuk melindungi tubuh bayi harus dipertimbangkan selain menggunakan selimut tipis.
  • Tidur dalam ruangan yang sama dapat melindungi bayi dari sindrom kematian bayi mendadak, tetapi anda harus mengatur tempat tidur yang lebih aman untuk bayi anda. Hal ini sangat menguntungkan bagi ibu yang menyusui dan ingin bayinya berada didekatnya tanpa harus tidur di tempat tidur yang sama.
  • Rumah sakit tidak boleh membiarkan ibu tidur di ranjang yang sama dengan bayi mereka yang baru lahir mengingat efek kelemahan dan kelelahan ibu pasca melahirkan. Kebijakan ini juga akan berfungsi untuk mendidik orang tua tentang praktik tidur yang aman. Namun, kebijakan ini tidak boleh menghalangi interaksi ibu dan bayi yang diperlukan untuk inisiasi keberhasilan menyusui.
  • Orangtua tidak boleh menempatkan bayi tidur di atas kasur air, kasur udara, bantal, atau tempat tidur longgar, bahkan untuk tempat tidur sementara misalnya selama perjalanan. Kursi mobil dan kereta bayi tidak boleh menggantikan tempat tidur sebagai alas tidur karena dapat berisiko menyebabkan penyumbatan saluran napas atas.
  • Tidur dengan bayi atau membiarkan bayi tidur sendirian di sofa dapat berbahaya. Bayi dapat terkena risiko besar untuk asfiksia atau mati lemas. Tempat tidur darurat juga berbahaya untuk bayi.

 

Rawat Kulit Bayi

Kulit Bayi Lebih Halus dari kulit orang dewasa

 

Bayi yang baru lahir memiliki kondisi kulit yang berbeda dengan orang dewasa. Sebagian besar kondisi ini cukup umum terjadi pada bayi dan tidak perlu perawatan yang khusus.

  • Jerawat bayi biasanya muncul dengan warna merah dan ruam di wajah. Umumnya, jerawat ini dapat menghilang seiring waktu.
  • Kulit belang yaitu suatu kondisi di mana kulit tampak berwarna biru muda ketika terkena suhu dingin. Kondisi ini tidak perlu dicemaskan dan akan berkurang seiring dengan bertambahnya usia bayi anda.
  • Eritema toksikum adalah ruam dan bercak merah yang dapat menyerang bayi baru lahir. Beberapa kondisi kulit ini memiliki gundukan kuning atau putih yang dikelilingi oleh warna kulit kemerah-merahan. Ruam dapat muncul dan hilang pada berbagai bagian tubuh. Kondisi ini paling sering terjadi pada hari kedua setelah kelahiran, tetapi dapat muncul saat lahir atau dalam dua minggu pertama. Tidak perlu dikhawatirkan karena eritema toksikum ini akan berangsur-angsur hilang.
  • Milia adalah komedo kecil putih di wajah bayi anda. Milia akan menghilang dengan sendirinya.
  • Bercak Mongol adalah tanda lahir datar yang bisa berwarna cokelat tua, abu-abu, atau biru-hitam. Bercak Mongol ini kadang terlihat seperti memar dan sering ditemukan di punggung bawah dan bokong. Bercak Mongol muncul saat lahir dan sebagian besar memudar pada usia 2 tahun dan biasanya benar-benar hilang pada usia 5 tahun. Kondisi ini biasa terjadi pada bayi keturunan Afrika, Asia, Hispanik dan keturunan campuran.
  • Verniks adalah zat putih berminyak yang melapisi dan melindungi kulit bayi ketika masih berada dalam rahim ibu. Beberapa bayi dilahirkan dengan banyak verniks yang masih menempel di kulit mereka. Verniks ini tidak berbahaya dan dapat hilang jika dibersihkan. Kehilangan vernix dapat menyebabkan kulit terkelupas selama minggu pertama usia bayi. Keadaan ini normal dan akan hilang dengan sendirinya.

 

Kondisi kulit yang berbeda dengan orang dewasa membuat cara merawat kulit bayi juga berbeda. Salah satu cara untuk merawat kulit adalah mandi. Ketika memandikan bayi terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Banyak orang percaya bahwa memandikan bayi dapat dilakukan sampai area di sekitar tali pusat sembuh. Tetapi, banyak dokter mengatakan kalau mandi dengan membersihkan tubuh secara menyeluruh dapat dilakukan saat bayi anda sudah dibolehkan pulang dari rumah sakit.

Anda tidak perlu memandikan bayi anda setiap hari. Kain yang hangat akan membantu membuatnya tetap bersih. Cuci muka dan tangannya sesering mungkin, dan bersihkan seluruh area genital dalam setiap penggantian popok.

Anda tidak perlu menggunakan sabun, tetapi jika anda ingin menggunakannya, pastikan sabun itu tidak berbau tajam dan sesuai dengan kondisi kulit bayi. Bilas dengan baik untuk mencegah iritasi.

Berikut ini adalah berbagai hal yang perlu diperhatikan selama anda memandikan bayi kesayangan anda.

  • Mandikan bayi anda di ruangan yang hangat. Air harus terasa nyaman disentuh.
  • Pastikan barang-barang yang anda butuhkan tersedia di dekat anda.
  • Lepaskan semua pakaian yang bayi anda pakai.
  • Pegang bayi dengan hati-hati.
  • Gunakan air bersih untuk mencuci mata, telinga, mulut, dan wajahnya.
  • Bersihkan alat kelamin bayi perempuan anda dari depan ke belakang.
  • Bersihkan kemaluan bayi laki-laki anda dengan mencucinya Jangan menarik kulup dengan paksa. Biasanya, tidak sepenuhnya dapat ditarik sampai anak berusia 3 hingga 5 tahun, atau bahkan sampai setelah pubertas.
  • Jangan gunakan kapas untuk membersihkan bagian dalam hidung dan telinga bayi. Lendir atau kotoran telinga akan keluar sendiri pada waktunya. Gunakan kain bersih dengan jari kelingking anda untuk membersihkan bagian luar hidung dan telinga.
  • Sapukan handuk ke seluruh tubuh bayi anda hingga benar-benar kering.
  • Jangan pernah meninggalkan bayi anda tanpa pengawasan saat memandikannya walaupun hanya sebentar.

 

Setelah mengetahui cara menangani bayi baru lahir, meningkatkan hubungan emosional dengan si kecil, memperhatikan kondisi tidur yang baik dan mengetahui cara merawat kulit bayi, tentu anda sudah tidak ragu-ragu lagi dalam merawat buah hati Anda.

Perawatan bayi yang tepat adalah bentuk terima kasih kepada Sang Pencipta yang telah menganugerahkan sebuah amanah untuk anda. Memiliki anak-anak yang sehat adalah cita-cita setiap orang tua. Semangat mengemban amanah  untuk merawat si buah hati.

 

Referensi:

Canadian Paediatric Society. 2007. Skin care for your baby. Paediatrics & Child Health, 12(3), 245–246.

Canadian Paediatric Society. 2004. Recommendations for safe sleeping environments for infants and children. Paediatrics & Child Health, 9(9), 662.

Joseph Elana Pearl Ben . 2018. A Guide For First-Time Parents. Diakses pada 21 Agustus 2018 yang tersedia pada halaman [https://kidshealth.org/en/parents/guide-parents.html].

Perawatan Bayi, Awal Membangun Masa Depan Si Buah Hati
4.8 (96.67%) 12 votes