Pilih Makan Paha atau Dada Ayam, Mana yang Lebih Sehat?

Mau pesan dada atau paha, Mas?” begitu pertanyaan yang sering dilontarkan pegawai restoran rumah makan. Bagian mana yang jadi favorit Anda? Beberapa orang tidak mempermasalahkan hal ini asalkan rasanya tetap lezat, tetapi beberapa orang juga akan memilih mengurungkan niat membeli saat potongan bagian tak sesuai dengan keinginan. Apakah hal tersebut berlebihan? Kira-kira, bagian mana yang lebih sehat?

Memilih bagian daging ayam boleh saja menjadi suatu idealisme konsumen. Biasanya, pilihan didasarkan atas dasar kesehatan atau bahkan rasa ‘juicy’ yang ditawarkan. Melalui laman tellwut.com, suatu survei online di Kanada menyatakan bahwa sebanyak 52 persen dari 1.465 peserta survei menjadikan dada ayam sebagai bagian favorit, 17 persen memilih paha, 13 persen sayap, 10 persen kaki, dan 8 persen sisanya memilih bagian lain. Di negara maju, bagian paha ayam sering disebut dengan “dark meat” dengan anggapan tidak sehat karena menjadi titik pusat suntikan antibiotika ayam. Apakah benar?

paha dada ayam
Paha atau Dada Ayam, Mana yang Lebih Sehat

 

Perbandingan Nilai Gizi Dada VS Paha Berdasar Beberapa Indikator

1. Angka Kecukupan Gizi (AKG)

Didasarkan pada kadar Angka Kecukupan Gizi (AKG) yang dihitung dari Angka Kebutuhan Gizi 2000 kalori, pada 100 gram potongan paha daging ayam sudah memenuhi 9% dari pemenuhan AKG. Tidak jauh berbeda, dalam berat yang sama potongan paha ayam sudah memenuhi 8% pemenuhan AKG.

2. Kalori

Perbedaan kalori yang dikandung pada potongan dada dan paha ayam juga tidak terlalu memiliki selisih yang signifikan. Pada sajian 100 gram dada ayam mengandung 172 kalori, sedangkan paha ayam memiliki jumlah kalori sebanyak 161 kalori.

3. Lemak total

Pada lemak total, kita dapat mengetahui pula besaran lemak jenuh dan lemak tak jenuh pada suatu bahan makanan. Dengan berat yang sama (100 gram), sebanyak 9,25 gram lemak total ada pada bagian dada ayam yang terdiri dari 2,66 gram lemak jenuh dan 4,2 gram lemak tak jenuh.

Sedangkan paha ayam mengandung 8,68 gram lemak total yang terdiri dari 2,39 gram lemak jenuh dan 4 gram lemak tak jenuh. Bagaimana dengan kolesterol? Dalam 100 gram dada ayam terdapat 64 mg kolesterol, sedangkan paha memiliki 10 mg (81 mg) kolesterol lebih banyak.

4. Protein

Sebagai salah satu sumber protein hewani, kandungan protein pada daging ayam lumayan besar. Pada 1 ons sajian dada ayam, terdapat 20,85 gram protein di mana pada berat yang sama terkandung 19,27 gram protein pada paha ayam. Kandungan protein yang tinggi membantu proes perbaikan sel dalam tubuh serta memperlancar metabolisme.

5. Karbohidrat

Perlu diketahui bahwa kedua bagian ayam yang tengah kita bahas tidak memiliki karbohidrat sedikitpun.

Perbandingan gizi di atas dihitung berdasarkan kombinasi dari daging dan kulit ayam. Seperti yang kita ketahui, kulit ayam mempengaruhi jumlah lemak dan kalori pada tabel gizi. Oleh karena itu, menyingkirkan bagian kulit dapat mengurangi angka yang telah disebutkan di atas.

 

Jangan Salah Pilih, Sesuaikan dengan Kebutuhan

Terlepas dari bagian ayam mana yang Anda pilih, sebenarnya kandungan gizi dari kedua bagian ini tidak jauh berbeda. Justru Anda harus memperhatikan bagaimana daging ayam diolah karena proses pengolahan juga akan mempengaruhi kandungan nutrisi masakan tersebut.

Pengolahan ayam dengan cara menggoreng tentu akan meningkatkan jumlah lemak dan kolesterol akibat kandungan minyak yang melekat pada daging ayam. Dengan teknik pengolahan lain seperti memanggang, kukus, dan rebus bisa jadi pilihan yang lebih sehat dalam mengurangi lemak, kolesterol, dan kalori.

Perlu Anda catat, memanggang ayam terlalu lama hingga terbentuk kerak hitam pada daging ayam bisa memicu kanker akibat zat karsinogenik yang terbentuk pada bara pemanggangan. Oleh karena itu, sesuaikan pilihan bagian dan cara pengolahan dengan kebutuhan Anda.

 

Referensi:

https://www.fatsecret.co.id/kalori-gizi/umum/dada-ayam?portionid=50321&portionamount=100,000

https://www.heart.org/en/health-topics/cholesterol/prevention-and-treatment-of-high-cholesterol-hyperlipidemia/the-skinny-on-fats

Pilih Makan Paha atau Dada Ayam, Mana yang Lebih Sehat?
4.9 (98%) 10 votes

Tinggalkan komentar