Puasa Bagi Ibu Menyusui, Apakah Aman?

Bulan Ramadhan menjadi bulan di mana umat muslim melakukan ibadah puasa. Tidak terkecuali bagi mereka, para ibu yang sedang menyusui. Ditinjau dari hukumnya, menyusui bukan sebuah penghalang atau pembatal ibadah puasa. Tapi apakah aman puasa bagi ibu menyusui? Baik bagi kesehatan bayi maupun kesehatan ibunya itu sendiri.

puasa bagi ibu menyusui

Bagi Anda yang sedang menimbang manfaat dan risiko puasa saat menyusui, simak penjelasan berikut:

Apakah Puasa Berpengaruh pada Produksi ASI?

Sebenarnya puasa tidak akan mempengaruhi produksi ASI. Bagi ibu menyusui ASI yang dihasilkan akan tetap sama baik dalam jumlah maupun kualitasnya, karena bagaimanapun juga tubuh akan memberikan rangsangan yang mengharuskannya terus memproduksi ASI sebagai makanan bayi meski dalam keadaan lapar sekalipun.

Jadi, bagi ibu menyusui tidak perlu khawatir mengenai kuantitas dan kuliatas ASI selama berpuasa. Yang terpenting Anda tetap perhatikan asupan nutrisi saat berpuasa.

Apakah Menyusui Saat Puasa Berdampak Buruk bagi Bayi?

Tentu tidak, asupan yang masuk bagi bayi adalah ASI. Hal ini terkait dengan penjelasan pertama bahwa kuantitas dan kualitas ASI tidak akan berpengaruh selama berpuasa.

Hal ini juga diperkuat dengan penelitian yang dilakukan pada tahun 2006 terhadap sekelompok ibu menyusui dengan bayi berusia 2-5 bulan. Hasilnya tidak ada pengaruh terhadap kesehatan bayi.

Selama Anda memperhatikan pola menyusui dengan benar, maka bayi masih tetap bisa memperoleh asupan nutrisi dari ASI dengan baik.

Semakin sering Anda menyusui bayi, semakin bisa pula mencukupi kebutuhan nutrisinya dan semakin lancar juga produksi ASI pada tubuh Anda.

Namun, perlu diperhatikan juga mengenai berapa banyak dan apa saja makanan yang Anda konsumsi saat puasa agar kebutuhan nutrisi Anda tetap tercukupi.

Apakah Menyusui Saat Puasa Berdampak Buruk bagi Ibu?

Sebenarnya hal ini tergantung dari bagaimana Anda mengkonsumsi makanan dan minuman saat berpuasa. Meski saat berpuasa waktu makan dan minum dibatasi tapi jika diatur dengan baik maka kebutuhan nutrisi untuk produksi ASI bisa tercukupi.

Yang bahaya adalah jika Anda kurang memperhatikan asupan nutrisi yang masuk dalam tubuh, karena nutrisi diperlukan untuk memproduksi ASI. Akibatnya, ASI akan mengambil cadangan nutrisi dalam tubuh jika nutrisi dari makanan kurang bisa memenuhi.

Hal ini akan berdampak bagi kesehatan Anda. Oleh karena itu selalu perhatikan asupan makanan dan minuman untuk memenuhi nutrisi Anda.

Itulah tadi pertimbangan mengenai manfaat dan risiko puasa bagi ibu menyusui. Kesimpulannya tidak perlu ada yang dikhawatirkan mengenai risiko puasa saat menyusui, asalkan Anda selalu menjadi nutrisi yang masuk dalam tubuh.

Puasa Bagi Ibu Menyusui, Apakah Aman?
5 (100%) 10 vote[s]

Tinggalkan komentar